Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor)




Pada edisi ke sebelas modul SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT UN Matematika SMA 2013 kali ini blog berbagi dan belajar akan membahas topik materi tentang Operasi Aljabar Vektor.

Bab Vektor ini selain muncul di Matematika kelas XII juga sudah lebih dulu dibahas di Fisika pada kelas X, karena sebenarnya roh dari perhitungan Fisika itu ada pada vektor itu sendiri... Hehe... Nah, jadi tugas kita di vektor itu boleh dibilang cukup ringan, karena sekadar mengingat lagi konsep-konsep vektor yang ada di Fisika. Mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian titik, perkalian silang dari dua vektor. Bedanya kalau di Fisika lebih menitik beratkan pada penjumlahan pengurangan vektor yang lebih dikenal dengan Resultan vektor. Perkalian titik dan perkalian silang juga sebenarnya telah dibahas cukup mendetail di Fisika kelas X.

Nah, kalau kita membahas topik soal UN Matematika SMA tentang indikator soal operasi aljabar vektor ini, satu hal yang sering ditanyakan adalah hasil operasi perkalian titik terhadap beberapa operasi aljabar penjumlahan maupun pengurangan vektor dengan syarat bahwa bisa saja ada dua vektor yang tegak lurus, ada yang saling berlawanan, ada yang sejajar, ada yang segaris, ada yang macem-macem lah....  Intinya semua bisa adik-adik baca pada modul yang dilampirkan pada posting blog ini.

Mungkin contoh soalnya UN pada indikator ini adalah seperti berikut:

"diketahui vektor a, b, dan c . Jika vektor a tegak lurus vektor b, maka tentukan hasil dari (a+b)(a-b)"

Semua pembahasan serta rumus praktis bisa anda dapatkan pada file pembahasan SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT berikut. File ini berisi logika praktis dan trik mengerjakan soal tipe UN maupun SNMPTN sehingga mampu meminimalisasi penggunaan waktu saat mengerjakan soal UN maupun tes lainnya. File ini sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UN 2013 terbaru yang diterbitkan oleh BSNP Indonesia.

Smart Solution ini berisi materi tentang:
- Menentukan hasil operasi aljabar dari beberapa vektor dengan syarat tertentu.

File ini juga menyertakan pembahasan cara singkat dan rumus cepat pada soal-soal UN Matematika SMA .Bagi adik-adik dan para pengajar yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghadapi Soal Ujian Nasional Matematika SMA 2013 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini adalah tampilan file Smart Solution UN Matematika SMA 2013 (SKL 2.10 Operasi Aljabar Vektor) yang bisa adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Jangan lupa untuk mengunduh berkas atau file soal latihan, ringkasan, cara singkat dan rumus cepat lain untuk mata pelajaran Matematika maupun seluruh mata pelajaran UN yang lain pada link yang terdapat pada bagian kanan blog ini.

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment