SBMPTN Gantikan SNMPTN Jalur Tulis




Geger penghapusan SNMPTN Tulis ternyata langsung direspon oleh pemberitaan yang mengharukan... Ya! SBMPTN atau kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri kini menggantikan peran SNMPTN (Seleksi Nasional masuk PTN) jalur ujian tulis untuk menyeleksi bibit-bibit unggul untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Perubahan nama dari semula SNMPTN jalur ujian tulis menjadi SBMPTN ini menyangkut sebuah undang-undang yakni  UU 12/2012 tentang PT yang mensyaratkan bahwa seleksi yang bersifat nasional biayanya harus ditanggung pemerintah, alias gratis. Sehingga kata "Nasional" pada SNMPTN diganti kata "Bersama".

Perubahan nama tersebut mempertegas cara mahasiswa baru untuk masuk PTN akan tetap melalui tiga pintu yakni 50% lewat jalur SNMPTN (jalur undangan / prestasi), 30% lewat jalur SBMPTN (jalur tulis), dan sisanya 20% adalah jalur mandiri atau kemitraan.

Sehingga SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa kelas 12 SMA lulusan tahun 2013 serta menggunakan nilai UN dan nilai rapor dari kelas 10 hingga 12 serta prestasi lainnya.

Sedangkan SBMPTN maupun jalur mandiri hanya menggunakan tes seleksi sebagai prasyarat masuk PTN. Khusus untuk SBMPTN, siswa dari dua angkatan sebelumnya (yakni lulusan SMA tahun 2011 dan 2012) bisa mengikuti SBMPTN. Ini menjawab protes besar-besaran di twitter seiring bergemanya berita tentang penghapusan SNMPTN kemarin.

Sementara untuk jalur mandiri akan menjadi tanggung jawab PTN sendiri-sendiri.Jelas jalur ini perlu biaya yang cukup tinggi.... Hehe...

Pendaftaran SNMPTN sendiri akan dimulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013, seleksi pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013, pengumuman 28 Mei 2013, dan pendaftaran ulang pada 11-12 Juni. Sementara untuk kepentingan SNMPTN, PDSS akan dimulai 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013, sedangkan pendaftaran dan seleksi SBMPTN masih menunggu keputusan panitia pusat dan lokal.

0 comments:

Post a Comment