Tips dan Trik Listening UN Bahasa Inggris SMA 2012 (4)




Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

SHORT TALK OR MONOLOGUE

Nah, pada bagian short talk atau monologue ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog (pembicaraan pendek). Setiap adik-adik selesai diperdengarkan monologue atau pembicaraan pendek ini, maka narator akan memberikan lebih dari dua pertanyaan mengenai short talk atau monologue tersebut.

Pembicaraan pendek tersebut bisa bermacam-macam isinya. Bisa saja dibacakan mengenai salah satu informasi penting terkini, iklan atau advertisement. Jadi intinya kita disuguhkan beberapa kalimat yang tersusun dalam paragraf, dan dibacakan oleh narator. Yang kita lakukan hanyalah menarik kesimpulan dari apa yang telah kita dengarkan, dan menjawab dengan tepat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan narator kepada adik-adik.

Tips dan trik untuk mengerjakan soal pada bagian dialog adalah:

  1. Saat narator membacakan "Direction", maka adik-adik harus segera membaca pertanyaan berserta pilihan jawaban yang ada pada soal. Sehingga adik-adik sudah memiliki modal pemahaman terhadap soal apa saja yang diperkirakan nanti akan ditanyakan pada soal.

  2. Monolog selalu dibacakan dua kali. Nah, setidaknya adik-adik sudah bisa yakin menemukan jawaban saat monolog dibacakan untuk yang pertama kali. Jadi, ketika dialog dibacakan ulang, adik-adik bisa membaca pertanyaan atau jawaban pada soal selanjutnya... Jika belum yakin terhadap jawaban, maka adik-adik bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengoreksi jawaban ketika dibacakan ulang dialog tersebut.

  3. Saat membaca pilihan jawaban, adik-adik harus bisa menentukan kira-kira kata tanya apa yang akan digunakan narator? Apakah what, who, when, where, why, atau how, how long, how much, how many, dll... Dengan mengetahui kata tanya tersebut adik-adik bisa fokus dalam mendengarkan kalimat yang dibacakan pada dialog yang mengandung unsur kata tanya tersebut dalam menentukan jawabannya nanti

  4. Adik-adik harus mencoba mengetahui dimana pembicaraan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atau apa yang mereka kerjakan. Ini supaya mempermudah dalam membuat analisa jawaban yang tepat.

  5. Terakhir. Jangan membiarkan jawaban kosong, isi saja sebisanya siapa tahu jawaban adik-adik benar, hehe...


TIPS: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan langsung di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan jawaban A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan jawaban pada soal selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment