Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (25)




SKL 5 - Indikator 5.7 Rangkaian RLC

Alhamdulillah, selesai juga materi SMART SOLUTION dan TRIK SUPERKILAT untuk indikator terakhir pada SKL 5 ini.... Rangkaian RLC! Ya! Materi yang menjadi salah satu langganan UN pada pelajaran FI-Easy-Ka ini... :) Hmm.. Bedanya, jika kemarin-kemarin itu yang ditanyakan adalah tentang soal hitungan, lain lagi dengan tahun 2012 ini. Pada UN 2012 khususnya pada SKL 5.7 tentang Rangkaian RLC ini tidak akan ditemukan soal hitungan, mengingat soal yang diperkirakan keluar hanyalah menguji kemampuan dasar adik-adik terhadap rangkaian RLC ini.

Yang adik-adik harus pelajari adalah bagaimana diagram fasor (fase vektor) dari masing-masing komponen rangkaian R, L, atau C. Serta bagaimana grafik V-I terhadap t yang diperkirakan akan dikeluarkan dalam soal Ujian Nasional Fisika SMA 2012. Oh ya, jangan lupa juga mempelajari tentang apa dan bagaimana itu resonansi pada rangkaian RLC.

Oke, langsung saja ya... Konsep dari Rangkaian RLC tersebut bisa adik-adik pelajari pada file yang akan disertakan juga di posting blog berbagi dan belajar Pak Anang kali ini.....

Nah, di modul smart solution Fisika kali ini kita akan membahas soal-soal terkait dengan beberapa cara cepat yang berlandaskan konsep dasar Fisika.

Modul rangkuman dan pembahasan materi smart solution kali ini berisi materi SKL 5 indikator 5.7 Rangkaian RLC:
- Karakteristik masing-masing komponen rangkaian RLC (Resistor, Induktor, dan Kapasitor)
- Sifat-sifat rangkaian Seri RLC
- Resonansi pada rangkaian RLC

File smart solution ini mencakup soal-soal Ujian Nasional pada tahun-tahun terdahulu disertai dengan pembahasan cara cepat trik superkilat dan smart solution.

Bagi adik-adik dan para pengajar yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghadapi Soal Ujian Nasional Fisika SMA 2012 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 5 - Indikator 5.7 Rangkaian RLC)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini adalah tampilan file Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 5 - Indikator 5.7 Rangkaian RLC) yang bisa adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Untuk trik dan cara cepat pelajaran lain silahkan dicari pada kolom pencarian di atas atau pada arsip blog di bagian kanan blog berbagi dan belajar ini.

0 comments:

Post a Comment